G7 Sepakat Pungut Pajak 15-20 Persen ke Korporasi Global

JAKARTA — Setelah beberapa putaran pembicaraan selama berbulan-bulan, KTT G7 London, yang dihadiri oleh Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai tamu, mencapai kesepakatan bersejarah untuk menciptakan sebuah tarif pajak perusahaan umum sebesar 15 persen bagi perusahaan dengan aktivitas internasional, yang akan selalu dibayarkan di negara tempat aktivitas tersebut dihasilkan. Hal ini menutup kemungkinan rekayasa pajak yang memungkinkan banyak perusahaan membayar hampir nol pajak, meskipun untung besar.

Seperti dilansir dari laman Forbes, Senin (7/6) perusahaan multinasional terbesar dan paling menguntungkan sekarang akan dikenakan pajak setidaknya 20 persen dari keuntungan melebihi margin 10 persen. Adapun pembukaan blokir pembicaraan dan kemungkinan mencapai solusi adalah berkat posisi proaktif dari pemerintahan Biden dan Menteri Keuangan Janet Yellen, yang awalnya mengusulkan tingkat 21 persen. Perjanjian tersebut mengakhiri lebih dari 30 tahun perusahaan multinasional besar membayar tarif pajak yang lebih rendah dan lebih rendah, karena negara-negara di seluruh dunia mencoba menarik mereka melalui berbagai insentif.

Kesepakatan itu sekarang harus dibawa ke KTT G20 di Venesia pada Juli 2021. 

“Saya telah mengatakan selama bertahun-tahun bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi masalah yang timbul dari aturan sejak tahun 1920-an yang selama bertahun-tahun telah memungkinkan perusahaan multinasional dari segala jenis untuk meretas ke dalam sistem pajak nasional dan menggunakan praktik pengoptimalan pajak yang agresif adalah melalui tindakan internasional bersama dan membatasi kebebasan negara untuk menetapkan kebijakan perpajakannya secara sepihak. Dalam dunia yang saling terhubung, pemecahan masalah global membutuhkan tindakan global,” tulis Biden. 

Perjanjian tersebut harus menghasilkan miliaran dolar pajak di seluruh dunia dan mengakhiri surga pajak yang tidak lagi dapat memberikan perlindungan bagi perusahaan yang menggunakan proses faktur silang ke anak perusahaan mereka yang berlokasi di sana.

Perusahaan multinasional besar akan membayar sekarang menemukan diri mereka membayar pajak 15 persen, bukannya kurang dari dua persen atau tiga persen dalam banyak kasus pada saat dunia memulai pemulihan ekonomi setelah pandemi. Adapun lingkup internasional dari perjanjian tersebut juga dapat menjadi bibit untuk menangani isu-isu global lainnya, seperti darurat iklim delegasi pada pertemuan tersebut juga sepakat untuk mendorong perusahaan untuk melaporkan dampak lingkungan mereka berdasarkan pedoman yang disepakati secara internasional, memberikan investor lebih banyak informasi tentang kegiatan mereka, dan mencegah mereka, misalnya, menyembunyikan tingkat emisi mereka di negara-negara dengan undang-undang yang lebih longgar.

Sumber: republika.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only