Diskon PPN Listrik Dipertimbangkan

Pemerintah Spanyol mempertimbangkan usulan diskon tarif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk meredam kenaikan tagihan listrik masyarakat.

Usulan diskon PPN telah disampaikan dalam forum dewan menteri pada Kamis (24/6/2021). Menteri Transisi Ekologi Teresa Ribera mengatakan pemerintah telah membuka opsi untuk memangkas beban pajak pada tagihan listrik masyarakat.

“Kemungkinan pengurangan pajak listrik merupakan upaya luar biasa dan kebijakan sementara untuk menghentikan kenaikan harga listrik,” katanya, dikutip pada Kamis (24/6/2021).

Ribera mengungkapkan usulan diskon PPN listrik ditetapkan dengan tarif sebesar 10%. Sementara itu, tarif PPN normal yang berlaku saat ini sebesar 21%. Usulan awal diskon PPN listrik akan menyesuaikan dengan periode kenaikan harga listrik. Setidaknya, insentif PPN tersebut akan berlaku hingga akhir tahun fiskal 2021.

Menkeu Spanyol Maria Jesus Montero mengatakan perlu melakukan kajian mendalam perihal proposal diskon PPN tagihan listrik. Oleh karena itu, rencana tersebut tengah digodok internal pemerintah.

“Langkah itu [diskon PPN listrik] akan dipelajari dengan hati-hati,” terangnya.

Seperti dilansir euroweeklynews.com, dengan adanya kenaikan tagihan listrik yang dirasakan masyarakat dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah dinilai gagal meskipun telah banyak melakukan reformasi bidang energi.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only