RI Punya Startup Unicorn Baru Lho, Namanya OnlinePajak

Pemerintah Diminta Pertimbangkan Dampak Simplifikasi Cukai
July 23, 2021
Kemenkeu Berikan Relaksasi Penundaan Pembayaran Cukai Selama 90 Hari
July 24, 2021

Jakarta, CNBC Indonesia – Tak banyak yang tahu Indonesia kini memiliki tujuh startup unicorn atau bervaluasi di atas US$1 miliar atau Rp 14,5 triliun (asumsi Rp 14.500/US). Terbaru adalah startup OnlinePajak.

Ini merupakan riset dari CBInsights bertajuk The Complete List Of Unicorn Companies. Riset ini memaparkan startup berstatus unicorn hingga Juli 2021.

Dalam riset tersebut OnlinePajak disebut memiliki valuasi US$1,7 miliar. Beberapa investor besarnya adalah Sequoia Capital India, Warburg Pincus dan Altos Ventures, dikutip Rabu (21/7/2021).

Mengutip situs perusahaan, OnlinePajak adalah platform aplikasi online pajak yang memberikan solusi pintar mengelola pajak orang Indonesia. Platform ini memfasilitasi hitungan, setoran, dan lapor pajak perusahaan.

OnlinePajak didirikan oleh Charles Guinot pada 2014. Menurut Crunchbase, startup perpajakan ini telah mengumpulkan dana investor hingga US$41 juta dari tiga kali putaran pendanaan.

Berikut daftar startup unicorn di Indonesia. Gojek (ride-hailing) bervaluasi US$10 miliar, Tokopedia (e-commerce) bervaluasi US$7 miliar. Kedua startup ini kemudian merger dan membentuk perusahaan induk bernama GoTo.

Selanjutnya ada J&T Express (logistik, supply chain dan delivery) bervaluasi US$ 7,8 miliar, Bukalapak (e-commerce) US$3,5 miliar), Traveloka (travel) US$3 miliar, dan OVO (fintech) US$2,9 miliar.

Sumber: CNBC Indonesia, Rabu 21 Juli 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only