PMK 96/2021, Ini Daftar Barang Mewah yang Kena PPnBM 20% Hingga 75%

Selain pengecualian pengenaan PPnBM pada yacht untuk usaha pariwisata, PMK 96/2021 juga mengatur kembali jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor. Barang tersebut dikenakan tarif PPnBM antara 20% hingga 75%.

PMK tersebut merupakan pelaksanaan dari ketentuan Pasal 3 PP 61/2020 yang mengamanatkan menteri keuangan untuk mengatur jenis barang kena pajak selain kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dan tata cara pengecualiannya.

“Ketentuan mengenai daftar jenis barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai PPnBM … tercantum dalam Lampiran I,” bunyi penggalan Pasal 2 ayat (2) PMK 96/2021, dikutip pada Sabtu (31/7/2021).

Ada 4 kelompok tarif PPnBM untuk barang kena pajak yang tergolong mewah selain kendaraan bermotor. Pertama, tarif PPnBM 20% berlaku untuk kelompok hunian mewah seperti rumah mewah, apartemen, kondominium, town house, dan sejenisnya dengan harga jual Rp30 miliar atau lebih.

Kedua, tarif PPnBM 40% untuk kelompok balon udara dan balon udara yang dapat dikemudikan, pesawat udara lainnya tanpa tenaga penggerak. Tarif ini juga berlaku untuk kelompok peluru senjata api dan senjata api lainnya serta peluru dan bagiannya, tidak termasuk peluru senapan angin.

Ketiga, tarif PPnBM 50% untuk kelompok pesawat udara selain yang disebut dalam kelompok tarif 40% atau angkutan udara niaga seperti helikopter, pesawat udara dan kendaraan udara lainnya.

Jenis barang yang juga kena tarif PPnBM 50% adalah skelompok senjata api dan senjata api lainnya seperti senjata artileri, revolver dan pistol, sejanta api (selain senjata artileri, revolver, dan pistol), serta peralatan semacam itu yang dioperasikan dengan penembakan bahan peledak.

Keempat, tarif PPnBM 75% untuk kelompok kapal pesiar mewah atau angkutan umum. Kelompok ini mencakup kapal pesiar, kapal ekskursi, dan kendaraan air semacam itu terutama dirancang untuk pengangkutan orang, kapal feri dari semua jenis, dan yacht.

Namun demikian, dalam PMK 96/2021, ada beberapa jenis barang yang mendapat pengecualian PPnBM. Pertama, peluru senjata api dan senjata api lainnya untuk keperluan negara. Kedua, pesawat udara dengan tenaga penggerak untuk keperluan negara dan angkutan udara niaga.

Ketiga, senjata api dan senjata api lainnya untuk keperluan negara. Keempat, kapal pesiar, kapal ekskursi, dan kendaraan air semacam itu terutama dirancang untuk pengangkutan orang, kapal feri dari semua jenis dan yacht untuk kepentingan negara atau angkutan umum. Kelima, yacht untuk usaha pariwisata.

Sebagai informasi, daftar jenis barang mewah yang kena PPnBM itu sudah diatur dalam beleid terdahulu. Dengan berlakunya PMK 96/2021, yakni pada 26 Juli 2021, PMK 35/2017 s.t.d.d PMK 86/2019 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only