Program Transformasi Digital, Pembaruan Layanan Pajak Segera Dirilis

Insentif PPN Rumah, Ditjen Pajak Bakal Dapat Data dari Kementerian Ini
August 11, 2021
Pemerintah Minta Investasi Alkes Masuk Kawasan Ekonomi Khusus
August 11, 2021

Otoritas pajak Vietnam akan segera merilis aplikasi mobile pajak elektronik (e-tax mobile) versi pertama.

Dalam pernyataan resminya, otoritas menyebut aplikasi itu akan memperbarui layanan pajak elektronik yang telah beroperasi selama ini. Pembaruan layanan tersebut akan makin memudahkan wajib pajak dan membuat proses pembayaran pajak lebih aman pada masa pandemi Covid-19.

“Aplikasi ini akan digunakan oleh individu terlebih dahulu,” bunyi pernyataan tersebut, dikutip pada Selasa (10/8/2021).

Otoritas menyatakan pembaruan layanan tersebut menjadi bagian dari implementasi program transformasi digital nasional 2025 dan 2030. Melalui program tersebut, pemerintah menargetkan 80% layanan publik level 4 dapat disediakan melalui perangkat elektronik.

Pada layanan pajak elektronik yang ada saat ini, kebanyakan pengguna adalah kalangan wajib pajak badan. Sebanyak 99% wajib pajak badan di Vietnam telah menggunakan layanan pajak elektronik dan membubuhkan tanda tangan digital pada dokumen pajak elektronik yang dikirimkan kepada otoritas.

Di sisi lain, otoritas menemukan sebagian besar wajib pajak orang pribadi belum memiliki banyak pengetahuan tentang kebijakan dan layanan pajak elektronik. Wajib pajak orang pribadi jarang menggunakan layanan pajak elektronik karena perangkat lunaknya tidak senyaman perangkat lunak untuk wajib pajak badan.

Hal itu terjadi karena formulir pajak untuk wajib pajak individu yang tersedia secara elektronik masih sedikit. Selain itu, wajib pajak orang pribadi kebanyakan masih membutuhkan berbagai informasi tambahan mengenai kewajiban pajaknya.

Otoritas mengklaim layanan e-tax dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Otoritas telah menyiapkan berbagai fitur pada aplikasi yang akan mendukung wajib pajak orang pribadi membayar pajak secara online. Fitur tersebut terhubung dengan aplikasi pembayaran perbankan.

Otoritas berharap 60 juta wajib pajak dapat beralih menggunakan e-tax ketika ingin menghubungi petugas pajak atau melakukan pembayaran pajak.

“Aplikasi¬†e-tax mobile¬†untuk wajib pajak orang pribadi adalah solusi penting ketika terjadi pembatasan kontak di kota-kota besar,” bunyi keterangan tersebut, seperti dilansir¬†vietnamnews.vn.

Sumber: news.ddtc.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only