Simak rencana bisnis Megapolitan Developments (EMDE) tahun ini

PT Megapolitan Developments Tbk (EMDE) telah menyiapkan sejumlah rencana bisnis dan ekspansi tahun ini. Presiden Direktur EMDE Melani Lowas mengatakan, EMDE akan meluncurkan produk-produk perumahan dan komersial dengan target market segmen menengah bawah dan menengah, untuk kisaran harga mulai dari Rp 600 juta.

Sejumlah terobosan yang akan dilakukan EMDE antara lain membuka lahan perumahan di dekat Jalan Cinere Raya yang bersebelahan dengan lapangan Golf pangkalan jati, yakni Cinere Golf Residence, dengan potensi income sebesar Rp 90 miliar.

EMDE juga mulai mengembangkan proyek komersial dan perumahan di  land bank terbesar miliknya di kawasan Mega Sentul. “ Untuk tahap awal pengembangan memiliki potensi income Rp 75 miliar,” terang Melani saat paparan publik secara virtual, Rabu (18/8).

EMDE akan berfokus dengan strategi pemasaran secara digital dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial. Cara ini dinilai lebih efektif dan efisien. Ekspansi ini tidak terlepas dari adanya potensi pertumbuhan sektor properti di masa depan. Pertama, adanya backlog hunian yang masih tinggi sehingga kebutuhan akan hunian tetap menjadi kebutuhan utama.

Kedua, kebijakan pajak pertambahan nilai (PPN) yang ditanggung Pemerintah,  serta era suku bunga dan uang muka rendah. Kebijakan ini diharapkan mendorong pertumbuhan sektor perumahan di tahun 2021. Ketiga, EMDE memiliki aset lahan bank (land bank) yang cukup luas dan strategis.

Melani menuturkan, EMDE saat ini memiliki total land bank seluas 270 hektare di lokasi strategis, dengan rincian 222 hektare berada di Bogor, 47,26 hektare berada di Cinere, dan 9.148 meter2 berada di Karawaci. Meski tidak menyebutkan secara gamblang, Melani bilang EMDE memiliki rencana untuk mengakusisi lahan baru di lokasi strategis. Hal ini guna mempertahankan tingkat pertumbuhan usaha dan juga meningkatkan share value.

Namun, EMDE masih menghadapi sejumlah tantangan di tengah pandemi yang masih berlarut-larut. Pertama, yakni faktor ketidakpastian yang meningkat  terhadap pemulihan ekonomi Indonesia dengan adanya gelombang baru kasus Covid-19 yang dimulai pada Juli 2021. Di saat yang bersamaan, pemerintah juga masih membatasi sejumlah kegiatan usaha non esensial.

Kedua, permintaan sektor perumahan belum naik sepenuhnya meskipun adanya stimulus dari kebijakan Pemerintah. Ketiga, penurunan kinerja sektor pusat perbelanjaan terus berlanjut,  sehingga bisnis retail sangat tertekan. “Masyarakat beralih ke belanja online, sehingga mengurangi kewajiban penyewa ke kami,”  sambung Melani.

Saat ini, EMDE memiliki sejumlah proyek dan aset yang tersebar di Cinere, Bogor, dan Karawaci. Proyek Cinere terdiri atas perumahan tapak seperti Cinere Riverside, komersial seperti Cinere Bellevue Mall,  apartemen yakni Cinere Terrace Suites, dan megablok (CBD Centro Cinere).

Proyek Cinere dinilai memiliki keunggulan karena lokasinya dekat dengan Jalan TB Simatupang yang merupakan jalan utama di Jakarta Selatan. Proyek ini juga dekat dengan jalan tol Depok-Antasari (Desari)  dan depot MRT Lebak Bulus sehingga menambah aspek aksesibilitas.

Proyek Karawaci yakni apartemen The Habitat @Karawaci yang terdiri atas lima tower (Tower Berkeley, Tower Yale, Tower Princeton, Tower Oxford, dan Tower Georgetown). Sementara proyek Bogor terdiri atas perumahan tapak seperti Vivo Residence, bangunan komersial seperti Galleria Kiosk Mall, dan megablok (Vivo Sentul). 

Sumber: stocksetup.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only