Begini Mudahnya Pelayanan Pajak Secara Digital di Negara Ini

Digitalisasi menjadi bagian integral dari pelaksanaan pelayanan publik di Estonia, termasuk dalam bidang perpajakan.

Perdana Menteri (PM) Kaja Kallas mengatakan mayoritas warga Estonia sudah terbiasa dengan pelayanan publik berbasis digital. Pelayanan publik berbasis digital berlaku pada semua level pemerintah dari pusat hingga negara bagian.

“Untuk semua orang di bawah usia 35 tahun, digital datang secara alami. Bagi warga negara lain itu mungkin bertentangan dengan kodrat alam,” katanya, dikutip pada Kamis (2/9/2021).

PM Kallas menyampaikan pekerjaan rumah bagi pemerintah saat ini bukan memperluas layanan publik digital, tetapi bagaimana mengatasi kesenjangan kemampuan antargenerasi dalam mengakses layanan digital.

Untuk itu, lanjutnya, proyek nasional untuk memangkas kesenjangan digital antara generasi tua dan generasi muda pada akses layanan elektronik menjadi dibutuhkan.

Generasi analog yang didominasi orang tua masih kesulitan dalam mengakses layanan digital, padahal mereka perlu melakukan akses elektronik untuk mendapatkan jaminan sosial-ekonomi.

“Tujuannya adalah mempersempit kesenjangan antara generasi analog dengan digital young,” ujarnya.

Menurut Kallas, salah satu layanan publik digital yang menjadi andalan adalah administrasi pajak. Pembayar pajak mendapatkan kemudahan saat melaksanakan kewajiban perpajakan seperti lapor SPT Tahunan.

Kemudahan tersebut tidak hanya berlaku pada pemenuhan kewajiban pajak orang pribadi, tetapi juga untuk SPT Tahunan perusahaan. Saking mudahnya, Kallas pernah menyampaikan humor bahwa profesi pengacara pajak mungkin tidak lagi dibutuhkan.

“Pengacara pajak bisa kehilangan pekerjaan di sini,” canda Kallas dikutip dari business-standard.com.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only