Siapkan Rp8 Triliun, Program Relaksasi Pajak Berlanjut Tahun Depan

Pemerintah Irlandia memastikan kebijakan relaksasi pajak akan berlanjut untuk anggaran negara 2022.

Menteri Keuangan Pascal Donohoe mengatakan kebijakan insentif pajak tetap masuk dalam rencana anggaran pemerintah tahun depan. Nilai anggaran berkaitan dengan kebijakan pajak yang berlaku ditetapkan senilai €500 juta atau sekitar Rp8,2 triliun.

“Langkah-langkah di bidang pajak senilai €500 juta, termasuk upaya meningkatkan pendapatan yang nilainya sekitar €230 juta,” katanya dikutip pada Minggu (17/10/2021).

Pemerintah, lanjut Donohoe, juga akan menyesuaikan aturan pajak penghasilan (PPh) di antaranya meningkatkan tarif PPh untuk penghasilan hingga €1.500 per tahun. Lalu, kredit pajak bagi karyawan juga akan dinaikkan €50 untuk setiap wajib pajak orang pribadi karyawan.

Selanjutnya, pemerintah juga akan menaikkan tarif pajak karbon pada tahun depan. Menurut menkeu, hal tersebut dilakukan lantaran ada kewajiban bagi pemerintah untuk meningkatkan tarif pajak karbon setiap tahun hingga 2030.

Untuk PPN, pemerintah akan melanjutkan diskon tarif PPN 9% untuk sektor usaha perhotelan hingga akhir Agustus 2022. Pemerintah juga akan menaikkan tarif cukai rokok pada tahun depan menjadi €50 sen untuk satu bungkus rokok dengan isi 12 batang.

“Kami memiliki utang kepada anak-anak dan generasi mendatang. Untuk itu, kami berhati-hati dalam mengelola keuangan publik,” jelas Donohoe.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only