Kurang Tepat Sasaran, Insentif Pajak untuk Litbang Diatur Ulang

Pemerintah Inggris berencana memperbaiki pemberian keringanan pajak dalam meningkatkan investasi di bidang penelitian dan pengembangan (litbang).

Menteri Keuangan Rishi Sunak mengatakan pemerintah ingin keringanan pajak pada investasi di bidang litbang berkontribusi penuh untuk kepentingan dalam negeri. Selama ini, keringanan pajak untuk kegiatan litbang justru dimanfaatkan pekerja asing.

“Kami mencoba mengalihkan pendanaan litbang demi mendukung kemajuan teknologi di Inggris,” katanya seperti dilansir todayuknews.com, Kamis (28/10/2021).

Berdasarkan estimasi ONS, total investasi perusahaan Inggris untuk pengembangan litbang mencapai £47,5 miliar. Namun, setengah dari jumlah tersebut dipakai untuk pengembangan litbang di dalam negeri. Sisanya, justru tersebar di luar negeri.

Untuk itu, lanjut Sunak, pemerintah perlu mengatur ulang keringanan pajak untuk investasi di bidang litbang. Dengan pengaturan ulang keringanan pajak tersebut, ia berharap investasi litbang oleh swasta makin besar ke depannya.

“Pemberian subsidi di bidang litbang mencapai miliaran poundsterling, tetapi tidak terjadi di Inggris. Ini tentunya tidak adil bagi pembayar pajak Inggris,” tuturnya.

Berdasarkan catatan menkeu, pengeluaran Inggris untuk insentif pajak di sektor litbang merupakan tertinggi kedua di OECD. Namun, investasi sektor litbang yang ditanamkan di Inggris hanya 0,9% dari PDB atau di bawah rata-rata OECD sebesar 1,5%.

Lebih lanjut, rincian dari perbaikan litbang ini akan ditetapkan dalam laporan di musim gugur mendatang. Perubahan akan diatur dalam RUU keuangan 2022-2023 dan akan berlaku mulai April 2023.

Sumber: news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only