Sri Mulyani: Pandemi Tak Bisa Ditaklukkan Negara Manapun, Perlu Kerja Sama

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengajak semua pihak untuk melakukan koordinasi dan kolaborasi untuk menangani pandemi covid-19. Sebab, pandemi sifatnya tidak bisa ditaklukan dengan mudah oleh negara manapun.

“Kita perlu bekerja sama karena Pandemi ini tidak bisa ditaklukkan oleh negara manapun. Koordinasi dan kolaborasi merupakan syarat mutlak bagi kami untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan selanjutnya,” kata Menkeu dalam Finance Track Main & Side Event February Series, Rabu (16/2/2022).

Menkeu mengatakan covid-19 masih menjadi peristiwa penting bagi dunia yang berdampak besar bagi perekonomian, sosial dan terutama di sisi keuangan.

Lebih lanjut, kata Menkeu, selama krisis pandemi ini Pemerintah Indonesia juga terus melaksanakan banyak program pemulihan serta reformasi. Program reformasi yang paling penting adalah pada program reformasi perpajakan.

“Kami hanya menyelaraskan seluruh peraturan perpajakan agar kami dapat menciptakan basis yang kuat untuk pemungutan pajak, meningkatkan rasio pajak, dan sekaligus menciptakan keadilan dan juga rezim perpajakan yang kompetitif bagi Indonesia,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia juga berbenah melalui kebijakan program penanggulangan pandemi covid-19 dari sisi kesehatan dan ekonomi, hal ini dilakukan supaya Indonesia dapat mengatasi masalah tidak hanya covid-19, tetapi juga sisi ekonominya ikut pulih.

Oleh karena itu, kerja sama antara Kementerian Keuangan dan Kesehatan sangat penting. Hal ini terutama karena pandemi ini tidak akan menjadi krisis yang pertama dan terakhir, maka semua negara termasuk Indonesia perlu mempersiapkan diri agar dapat merespons pandemi di masa depan dengan lebih baik. .

“Satuan Tugas Gabungan, yang dibentuk di bawah G20 jalur keuangan akan melayani tujuan penting ini. Kami berharap kerjasama antara Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, dan Menteri yang lain dapat memperkuat kemampuan dunia untuk mempersiapkan diri dari guncangan pandemi di masa depan,” pungkas Menkeu. 

Sumber: liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only