Mobilitas Membaik, Masyarakat Makin Yakin terhadap Kondisi Ekonomi

Kepercayaan masyarakat terhadap kondisi ekonomi saat ini meningkat pada April 2022. Berdasarkan hasil survei Danareksa Research Institute (DRI), ini tercermin dari Indeks Keyakinan Ekonomi (IKE) Saat Ini sebesar 48,4, atau naik 1,9% poin dari 47,5 pada bulan bulan sebelumnya.

“Konsumen lebih yakin dengan perbaikan di pasar ketenagakerjaan seiring dengan mobilitas yang sudah mulai kembali ke normal,” tulis Kepala ekonom DRI Rima Prama Artha dalam laporannya, Jumat (13/5).

Rima juga membeberkan fakta, adanya peningkatan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dan peningkatan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) rupanya tak terlalu memberikan efek terhadap bergulirnya konsumsi rumah tangga.

Meski, peningkatan berbagai harga dan juga ditambah adanya momen Ramadan dan jelang Idul Fitri kemudian menyundut tingkat inflasi April 2022 menjadi 0,95% mom.

Hanya saja, Rima tetap mengimbau ini menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, dalam jangka panjang, peningkatan harga BBM dan peningkatan tarif PPN ini bisa mengganggu progres pemulihan ekonomi.

Ini juga sebenarnya terlihat dari tingkat kepercayaan masyarakat akan kondisi ekonomi ke depan yang menurun. Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) nampak menurun 0,5% poin menjadi 110,6.

“Konsumen nampak khawatir akan kondisi peningkatan harga yang bisa meningkatkan tingkat inflasi, utamanya pada enam bulan ke depan. Ini bisa memberi dampak negatif pada pendapatan riil,” terang Rima.

Kabar baiknya, meski menurun, tingkat ekspektasi konsumen masih berada di teritori positif, atau indeks di atas 100.

Sumber: nasional.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only