Wamenkeu: RI tak alami guncangan sistem keuangan

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyampaikan bahwa selama pandemi COVID-19, Indonesia tidak mengalami guncangan keuangan meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Ekonominya menyusut, growth-nyanegatif, tapi tidak terjadi goncangan dalam sistem keuangan. Ini yang kita katakan menjaga Indonesia selama pandemi,” katanya saat memberikan Kuliah Umum di Universitas Nusa Cendana di Kupang, NTT, Kamis, (22/9/2022).

Wamenkeu Suahasil menyampaikan perlambatan ekonomi akibat pembatasan sosial tidak dapat dihindarkan, namun pemerintah bertekad menjaga kestabilan sistem keuangan.

Upaya yang diambil pemerintah melalui bauran kebijakan yang terkoordinasi dalam rangka Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Dimulai dari Otoritas Jasa Keuangan yang memberikan fasilitas relaksasi untuk kredit yang terdampak pandemi COVID-19, termasuk juga penyediaan dana bagi UMKM serta restrukturisasi kredit untuk pelaku usaha UMKM.

Kemudian pemerintah menerbitkan Perppu yang mengatur penyesuaian batas defisit APBN, penyesuaian mandatory spending, pergeseran dan refocusing anggaran pusat dan daerah hingga insentif dan fasilitas perpajakan.

“Pemerintah melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional atau yang disingkat PEN. Nah ini merupakan pengeluaran ekstra dan angka angka ini tidak sedikit,” ucapnya.

Sumber: antaranews.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only