Tembus Rp 970,2 Triliun, Penerimaan Pajak Semester I-2023 Capai Setengah dari Target

JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, realisasi penerimaan pajak pada semester I-2023 telah mencapai setengah dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, realisasi penerimaan pajak pada semester I-2023 sudah mencapai Rp 970,2 triliun . Penerimaan pajak ini setara 56,5% dari target APBN 2023. 

Kinerja penerimaan pajak semester I-202 ini juga berhasil tumbuh 9,9% secara tahunan alias year on year (YoY).

Ia bilang, pertumbuhan penerimaan pajak pada periode laporan ini ditopang oleh pajak penghasilan (PPh) Badan yang tumbuh 26,2% YoY dan pajak pertambahan nilai dalam negeri (PPN DN) yang tumbuh 19,5% YoY.

“Ekonomi kita masih tumbuh cukup baik,” ujar Sri Mulyani dalam unggahan di Instagram pribadinya, Selasa (4/7).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan bahwa PPN dan PPh Badan memang akan menjadi tumpuan penerimaan pajak tahun ini.

Selain itu, pajak karyawan atau PPh 21 karyawan juga akan menjadi penyokong penerimaan pajak sampai akhir tahun ini. Hanya saja Suryo tetap mewanti-wanti dampak penurunan harga komoditas yang akan mempengaruhi setoran pajak tahun ini. 

“Harapannya ke depan akan terus kami ikuti dan ini merupakan tumpuan penerimaan pajak sampai dengan akhir Mei 2023,” katanya.

Sumber : kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only