Penerimaan Pajak Lampaui Target 2 Kali, Sri Mulyani Pede: Tahun Ini Hattrick!

Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimis target pajak tahun 2023 akan kembali tercapai untuk ketiga kalinya (hattrick), setelah 2 tahun terakhir juga menorehkan kinerja penerimaan di atas target APBN. 

Sri Mulyani mengapresiasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas capaian tax ratio yang tumbuh signifikan dari 9,21% pada tahun 2021 menjadi 10,39% pada 2022, tertinggi dalam 7 tahun terakhir.

“Terima kasih atas kerja keras Anda. Dalam suasana yang luar biasa 3 tahun terakhir ini dan bahkan kita sekarang dihadapkan pada suasana dan kondisi ekonomi dunia yang tidak menentu,” kata Sri Mulyani, Rabu (12/7/2023).

Meski demikian, dengan kondisi global saat ini, Sri Mulyani menekankan pekerjaan rumah DJP semakin banyak dan tidak mudah. Untuk itu, ia meminta agar seluruh jajaran terutama pimpinan untuk semakin serius dan kompeten. 

Sri Mulyani menyebut, pajak harus mampu menjadi instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai jika institusi dan para jajarannya mau untuk terus berubah, memperbaiki diri, dan melakukan reformasi. 

“Termasuk melalui penerapan UU HPP dan Core Tax atau Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP),” imbuh Sri Mulyani.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga menggarisbawahi pentingnya pembentukan karakter pegawai pajak untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan kejujuran.

Selain itu, ia juga mendorong penguatan peran para pimpinan sebagai salah satu bagian dari sistem three lines of defence (tiga lapis pertahanan).

“Selamat bekerja. Jaga hati, pikiran, dan integritas Anda semua. Saling mengingatkan dan menguatkan untuk kebaikan. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan menjaga kita dalam menjalankan tugas negara yang luar biasa penting ini. Selamat mencapai hattrick dan salam satu bahu!” pungkasnya.

Sumber : wartaekonomi.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only