Terkini: Jokowi Bakal Rapat Terbatas Bahas 58 PSN Mangkrak, Wajib Pajak Nantinya Tak Perlu Lagi Ribet Isi SPT

Berita-berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Rabu sore, 26 Juli 2023 dimulai dari Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan pemerintah bakal mengadakan rapat terbatas ihwal program strategis nasional (PSN) yang mandek.

Disusul, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan akan mengembangkan sistem tax payer account management. Sistem itu akan memudahkan wajib pajak menjalankan aktivitas administrasi perpajakannya, salah satunya dalam mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Berikutnya, Head of Communication of TikTok Indonesia, Anggini Setiawan menegaskan pihaknya tidak akan meluncurkan Project S TikTok Shop di Indonesia.

Selanjutnya, Gubernur Bank Indonesia (Gubernur BI) Perry Warjiyo mengatakan peningkatan outlook Indonesia oleh lembaga pemeringkat Rating and Investment Information Inc. (R&I) membuktikan kepercayaan internasional ke Indonesia makin menguat.

Terakhir, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (kode emiten: GOTO) resmi meluncurkan aplikasi GoPay pada Rabu, 26 Juli 2023. Salah satu layanan yang diberikan adalah bebas transfer hingga 100 kali per bulan.

Kelima berita itu paling banyak diakses pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita yang trending tersebut:

1. Jokowi Bakal Rapat Terbatas Bahas 58 PSN Mangkrak, Ini Bocorannya

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan pemerintah bakal mengadakan rapat terbatas ihwal program strategis nasional (PSN) yang mandek.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo alias Jokowi akan memutuskan proyek mana yang akan dihentikan maupun ditunda atau didispensasi.

“Presiden maunya hari Selasa ini rapat, tapi enggak jadi. Mudah-mudahan setelah pulang dari China kami rapatkan lah,” kata dia saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan pada Rabu, 26 Juli 2023.

Kabar mandeknya 58 PSN muncul dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Berdasarkan hasil audit BPKP, 58 PSN ini bahkan belum dimulai pengerjaannya.

2. Akan Ada Sistem yang Bikin Wajib Pajak Tak Lagi Ribet Isi SPT, Seperti Apa Bentuknya?

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan akan mengembangkan sistem tax payer account management. Sistem itu akan memudahkan wajib pajak menjalankan aktivitas administrasi perpajakannya, salah satunya dalam mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo menjelaskan sistem itu merupakan pembaruan dari sistem inti administrasi perpajakan atau core tax administration system (CTAS).

“Data dan informasi yang kita capture akan dituangkan menjadi satu SPT yang prepopulated dan itu akan dimunculkan dalam akun wajib pajak,” ujar dia dalam konferensi pers APBN Kita di akun YouTube, Kemenkeu RI, dikutip Rabu, 26 Juli 2023.

Sehingga, Suryo melanjutkan, wajib pajak cukup melihat apakah isi sistem informasinya sudah sesuai atau belum. Jika datanya sudah sesuai, wajib pajak bisa langsung mengirimkan data tersebut. Bila sebaliknya, maka wajib pajak bisa menambahkan dengan hal-hal yang mungkin belum tergambarkan dalam sistem administrasi atau data yang disampaikan.

3. TikTok Tegaskan Tak Akan Luncurkan Project S di Indonesia

Head of Communication of TikTok Indonesia, Anggini Setiawan menegaskan pihaknya tidak akan meluncurkan Project S TikTok Shop di Indonesia.

Hal ini sebagai tanggapan atas kecemasan yang beredar di masyarakat mengenai kabar adanya Project S yang disebut akan mengancam UMKM dalam negeri.

“Sejak pertama kami meluncurkan TikTok shop di Indonesia Itu kurang lebih 2 tahun yang lalu, usianya masih sangat muda, kami memutuskan untuk tidak membuka bisnis cross border atau bisnis lintas batas Indonesia,” kata Anggini dalam media briefing di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Rabu, 26 Juli 2023.

4. Gubernur BI: Peningkatan Outlook Bukti Kepercayaan Internasional Menguat

Gubernur Bank Indonesia (Gubernur BI) Perry Warjiyo mengatakan peningkatan outlook Indonesia oleh lembaga pemeringkat Rating and Investment Information Inc. (R&I) membuktikan kepercayaan internasional ke Indonesia makin menguat.

R&I meningkatkan outlook Indonesia menjadi positif, dari sebelumnya stabil pada 25 Juli 2023. Selain itu, R&I juga mempertahankan peringkat Indonesia pada BBB+, dua level di atas tingkat terendah Investment Grade.

“Peningkatan outlook Indonesia menunjukkan keyakinan kuat pemangku kepentingan internasional atas stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia yang tetap terjaga, di tengah ketidakpastian ekonomi global dan pasar keuangan yang meningkat,” kata Perry dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

5. Aplikasi GoPay Resmi Diluncurkan, GoTo: Bebas Transfer 100 Kali per Bulan

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (kode emiten: GOTO) resmi meluncurkan aplikasi GoPay pada Rabu, 26 Juli 2023. Salah satu layanan yang diberikan adalah bebas transfer hingga 100 kali per bulan.

“Berarti pengguna GoPay app bisa melakukan transfer yang cepat, yang mudah, dan sekarang 100 kali per bulan tanpa biaya,” kata Presiden Unit Financial Technology GoTo, Hans Patuwo, dalam konferensi pers di kantor GoJek, Jakarta Selatan pada Rabu.

Dia mengatakan bebas biaya transfer tersebut tidak hanya dari akun GoPay ke GoPay, tetapi juga transfer ke bank.

Ia menjelaskan layanan ini muncul usai hasil riset pihaknya menunjukkan transfer merupakan kebutuhan pengguna terbesar. Oleh sebab itu, GoTo membuat fitur transfer tidak hanya ke sesama akun GoPay, tapi juga ke bank.

Sumber : www.msn.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only