Masuk Tahun Politik, Pemerintah Optimis Setoran PPh Badan Tetap Kuat

JAKARTA. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan setoran pajak penghasilan (PPh) Badan akan tetap kuat di tahun depan.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, pihaknya akan terus menghitung target penerimaan PPh Badan pada tahun depan. Namun dirinya menduga, setoran PPh Badan masih akan memberikan kontribusi besar terhadap penerimaan pajak di tahun politik.

“Perkiraan kami masih cukup kuat di tahun depan, insyallah paling tidak 20% ke atas dari total penerimaan masih dikontribusikan oleh PPh Badan di 2024,” ujar Suryo dalam Konferensi Pers APBN Kita, Senin (24/7).

Untuk diketahui, hingga akhir Juni 2023, penerimaan PPh Badan masih menunjukkan sinyal positif. Berdasarkan catatan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), setoran PPh Badan telah terealisasi Rp 263,7 triliun atau tumbuh 26,2% jika dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun 2022.

Hanya saja, pertumbuhan penerimaan PPh Badan tersebut tidak sekuat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Pasalnya, setoran PPh Badan sampai akhir Juni 2022 berhasil tumbuh 133,7%.

Pertumbuhan PPh Badan sampai akhir Juni 2023 ini didorong oleh profitabilitas perusahaan yang semakin membaik sejalan dengan pemulihan ekonomi dan dampak harga komoditas yang mulai termoderasi.

Sumber : kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only