Awas! Jajan Tas Sampai Mobil Mewah Langsung Ketahuan Pajak

Setiap wajib pajak, baik orang pribadi dan pengusaha, akan memiliki e-tax payer account atau akun pembayar pajak yang lebih lengkap dan canggih mulai tahun depan. Pengembangan ini sejalan dengan rilis core tax system pada 1 Mei 2024.

Tax payer account adalah aplikasi atau sistem terintegrasi di dalam core tax system yang berisi data perpajakan Wajib Pajak (WP) a.l. pembayaran pajak, riwayat pelaporan SPT, utang pajak, piutang pajak dan semua transaksi keuangan yang dikenakan pajak. Tax payer account sendiri sudah ada sejak lama. Namun, sistemnya akan diperbarui sejalan dengan pengembangan core tax system.

Staf Ahli menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak Iwan Djuniardi mengungkapkan data ini akan dikompilasi dari berbagai pihak ketiga a.l. perbankan, bea cukai, hingga pemerintah daerah. Bahkan, kata Iwan, data transaksi seperti pembelian mobil, rumah dan barang mewah lainnya bisa terekam di dalam tax payer account.

“misalnya ada data-data yang tidak masuk prepopulated SPT, misalnya beli mobil, itu tidak masuk,” ungkap Iwan dalam wawancara bersama CNBC Indonesia, Selasa (8/8/2023). Meskipun tidak masuk, tetapi data ini tetap menjadi data pendukung SPT.

Menurut Iwan, tax payer account ini tidak memuat prepopulated data. Data yang berada di dalam tax payer account hanya data yang dibutuhkan untuk mendukung data prepopulated SPT.

“Kan tidak semua aset masuk ke PPh, misalnya orang punya penghasilan Rp 100 – Rp 200 juta dan orang belanja Rp 20 – Rp 30 juta…In case di tax payroll belanjanya hingga Rp 300 juta, cek dapat dari mana? Oh tabungan, oh penghasilan lain-lain,” ujarnya.

Dengan demikian, tax payer account bisa diakses oleh otoritas pajak jika ada risiko yang muncul. Menurut Iwan, data profil di dalam tax payer account bisa diakses pula oleh badan kepegawaian pemerintah.

Dengan demikian, pemerintah dan instansi negara bisa memantau gaya hidup, profil pajak, Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) dan transaksi pegawainya. Bahkan jika ada temuan dugaan kriminalitas, data ini bisa dipakai sampai ke pengadilan.

Sumber: cnbcindonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only