Tunggak Pajak sampai Rp 1,4 Miliar, Mobil Perusahaan Akhirnya Disita

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukoharjo menyita aset milik CV STA berupa 1 unit mobil Mitsubishi Expander pada 30 Agustus 2023 lantaran wajib pajak bersangkutan tidak kunjung melunasi tunggakan pajaknya.

Juru Sita Pajak Negara (JSPN) KPP Pratama Sukoharjo Anang Setiyono mengatakan penyitaan dilakukan karena wajib pajak tidak kunjung melunasi utang pajaknya senilai Rp1,4 miliar sampai dengan jatuh tempo yang ditetapkan.

“Aset yang disita ini merupakan jaminan untuk pelunasan utang wajib pajak. Apabila wajib pajak tidak segera melunasi utang pajaknya maka akan dilakukan penjualan atas barang sitaan tersebut,” katanya dikutip dari situs web DJP, Minggu (3/9/2023).

Penyitaan dilakukan dengan mengacu pada UU 19/1997 s.t.d.d UU 19/2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa (PPSP). Sesuai dengan undang-undang itu, wajib pajak masih bisa memperoleh asetnya apabila melunasi tunggakan.

“Wajib pajak menunjukkan itikad baiknya dengan berjanji akan melakukan pelunasan seluruh utang pajak sebelum penjualan barang sitaan dilakukan,” tutur Anang.

Upaya penyitaan diharap bisa memberikan efek jera bagi pelaku serta memberikan rasa keadilan bagi wajib pajak yang patuh.

Sita aset menjadi langkah akhir yang diambil otoritas pajak jika wajib pajak tidak kunjung melunasi kewajiban perpajakannya. Sebelum mengambil tindakan tersebut, KPP mengeklaim telah melakukan pendekatan persuasif.

Aset yang disita dapat bertambah apabila jumlah nilai lelang masih belum mencukupi untuk melunasi utang pajak.

Sumber: ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only