Penerimaan PPh Badan Hingga Agustus 2023 Naik 23,2%

Pajak penghasilan (PPh) badan masih menjadi penyumbang terbesar terhadap total penerimaan pajak hingga akhir Agustus 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, setoran PPh badan memiliki kontribusi sebesar 25,1% terhadap penerimaan pajak pada Agustus 2023. Jenis pajak tersebut juga mampu tumbuh 23,2% year on year (YoY) alias secara tahunan.

Hanya saja, pertumbuhannya tidak sekuat pada periode yang sama pada tahun 2022 dengan pertumbuhan mencapai 131,5%. Namun, dirinya memastikan kinerja setoran pajak korporasi tersebut masih cukup baik.

“Yang cukup baik dan kita perlu syukuri adalah PPh badan,” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Kita, Rabu (20/9).

Adapun kinerja PPh Badan yang masih tumbuh positif terutama ditopang sektor jasa keuangan yang masih kuat, serta terdapat wajib pajak sektor pertambangan yang belum melakukan penyesuaian angsuran.

Kendati begitu, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pihaknya masih akan tetap mewaspadai tren penerimaan PPh badan ke depan. Hal ini dikarenakan ada beberapa wajib pajak di bidang pertambangan yang belum melakukan penyesuaian angsuran PPh Pasal 25 di tengah penurunan harga sejumlah komoditas tambang.

“Kita harus membaca dengan hati-hati,” katanya.

Sumber : newssetup.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only