Masih Berlaku Oktober Ini, Cek Fasilitas Pemutihan Pajak Kendaraan Di Sumbar, Sumsel

Pemutihan pajak kendaraan masih berlaku di sejumlah daerah pada Oktober 2023. Pemutihan pajak kendaraan Oktober 2023 ini antara lain di Sumatera Barat (Sumbar), Sumatera Selatan (Sumsel), Jawa Barat (Jabar), Banteng, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Jakarta.

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor adalah kebijakan pemerintah daerah untuk memberi keringanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Biasanya, melalui pemutihan pajak kendaraan bermotor, masyarakat mendapat fasilitas pembebasan denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan.

Jadi dengan pemutihan pajak kendaraan, pemilik kendaraan bermotor hanya perlu melunasi pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tanpa tambahan denda keterlambatan.

Program pemutihan pajak kendaraan juga memberikan insentif pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk kedua pihak yang ingin memindahkan kepemilikan kendaraan.

Daftar provinsi gelar pemutihan pajak kendaraan Oktober 2023

Berikut daftar provinsi yang membuka program pemutihan pajak kendaraan pada periode Oktober 2023.

1. Pemutihan pajak kendaraan Jatim 2023

Program pemutihan atau pembebasan pajak kendaraan bermotor Jatim mulai 1 Agustus hingga 31 Oktober 2023. Dikutip dari laman resmi Pemprov Jatim, kebijakan ini membuat masyarakat Jatim dapat menikmati bebas bea balik nama kendaraan, bebas sanksi administratif bagi keterlambatan PKB dan BBNKB, serta bebas PKB progresif.

Selain itu, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotor melalui layanan Samsat maupun UPT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Pembayaran juga tersedia secara online melalui e-Samsat, Tokopedia, ataupun minimarket tertentu.

2. Pemutihan pajak kendaraan Jateng 2023

Dilansir dari akun Instagram Bapenda Jawa Tengah @bapenda_jateng, pemerintah Provinsi Jawa Tengah masih menggelar pemutihan pajak kendaraan yang diadakan sejak 26 April 2023. Keringanan yang diberikan berupa bebas bea balik nama kendaraan bagi kepemilikan mobil dan motor serta bebas pajak progresif.

Kebijakan pemutihan pajak kendaraan Jateng ini berlaku hingga 22 Desember 2023. Sementara itu, masyarakat tetap wajib membayarkan sanksi administrasi yang diberikan sejak akhir Juni hingga sekarang.

Ini karena kebijakan bebas sanksi administrasi berakhir pada 21 Juni 2023. Kebijakan pemutihan pajak di Jawa Tengah diatur sesuai Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2023. Baca juga: Arti Huruf dan Angka pada Plat Nomor Kendaraan di Tiap Provinsi

3. Pemutihan pajak kendaraan Banten 2023

Pemerintah Provinsi Banten mengadakan program pemutihan pajak kendaraan pada 2023. Pemutihan pajak kendaraan Banten 2023 sesuai Peraturan Gubernur Banten No 21 Tahun 2023.

Dilansir dari akun Instagram Bapenda Banten @bapenda.banten, keringanan yang diberikan sebagai berikut:

  • Bebas denda PKB: 21 Agustus-31 Oktober 2023
  • Bebas pokok dan denda BBNKB II: 21 Agustus-23 Desember 2023
  • Diskon PKB 30 persen untuk mutasi dari luar daerah ke Provinsi Banten: 21 Agustus-23 Desember 2023.

Pembayaran pajak dilaksanakan di Samsat, Samsat keliling, maupun gerai yang diadakan oleh Bapenda Banten.

4. Pemutihan pajak kendaraan Jabar 20023

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperpanjang periode program pemutihan pajak kendaraan hingga 24 Desember 2023. Keringanan yang diberikan kepada masyarakat dalam pemutihan pajak kendaraan Banten 2023 berupa bebas bea balik nama serta diskon pajak kendaraan.

Dikutip dari situs Bapenda Jawa Barat, diskon pajak kendaraan bermotor diberikan khusus pada kendaraan yang menunggak pajak lebih dari tujuh tahun. Pemilik hanya perlu membayar pajak selama tiga tahun belakangan. Kebijakan ini diperuntukkan masyarakat umum maupun instansi pemerintahan di Jawa Barat.

5. Pemutihan pajak kendaraan Sumbar 2023

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat juga mengadakan program pemutihan pajak kendaraan yang diperpanjang sampai 23 Desember 2023. Dilansir dari situs Bapenda Sumatra Barat, Pemutihan pajak kendaraan Sumbar 2023 ini berlaku bagi masyarakat umum dan instansi pemerintahan. Namun, tidak berlaku bagi kendaraan yang mutasi ke luar Sumatra Barat.

Adapun keringanan yang diberikan dalam pemutihan pajak kendaraan Sumbar 2023 berupa pembebasan sebagian pokok PKB II, pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor, bebas denda PKB, bebas denda balik nama kendaraan bermotor, dan bebas denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dari PT Jasa Rahaja.

6. Pemutihan pajak kendaraan Sumsel 2023

Jadwal pemutihan pajak kendaraan di Sumsel berlaku mulai 1 April hingga 23 Desember 2023. Dikutip dari akun Instagram Samsat Palembang @samsat_palembang2, program pemutihan pajak kendaraan Sumsel 2023 ini berlaku untuk pembayaran PKB dan BBNKB. Masyarakat mendapatkan bebas denda dan bunga pajak.

Selain itu, penunggak PKB selama dua tahun atau lebih hanya perlu membayar satu tahun tunggakan dan satu tahun pajak yang tengah berjalan. Selain itu, masyarakat mendapat bebas denda dan bunga pajak BBNKB. Ada juga pengurangan BBNKB II sebanyak 50 persen untuk kendaraan mutasi masuk dan keluar provinsi.

7. Pemutihan pajak kendaraan DKI Jakarta 2023

Pemerintah DKI Jakarta menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor sejak 22 Juni 2023. Kebijakan pemutihan pajak kendaraan Jakarta ini berlangsung hingga 29 Desember 2023.

Dilansir dari akun Instagram Bapenda DKI Jakarta @humaspajakjakarta, pemutihan pajak kendaraan Jakarta 2023 ini sesuai Surat Keputusan Kepala Badan Nomor e-0035 Tahun 2023. Keringanan yang diberikan berupa penghapusan sanksi administrasi PKB dan menghapusan bea balik nama kendaraan bermotor

8. Pemutihan pajak kendaraan Sulsel 2023

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memperpanjang program pemutihan kendaraan bermotor bagi warganya. Dikutip dari akun Instagram Bapenda Sulawesi Selatan @samsatmks.selatan, program pemutihan pajak progresif kendaraan bermotor sampai dengan 29 Desember 2023.

Adapun keringanan yang diberikan dalam pemutihan pajak kendaraan Sulsel 2023 berupa pembebasan tarif pajak progresif bagi semua jenis kendaraan bermotor. Pembayaran dapat dilakukan melalui Samsat terdekat maupun secara daring.

Itulah info pemutihan pajak kendaraan yang masih berlaku di Jakarta, Sulsel, Sumbar, Jabar, Jateng, Banten, Sumsel dll pada Oktober 2023. Gunakan layanan pemutihan kendaraan agar lebih hemat.

Sumber: kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only