Sri Mulyani Ungkap 2 Makhluk Paling Dibenci di Indonesia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam acara Wisuda Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) 2023 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Dalam pidatonya, Sri Mulyani menyebutkan bahwa Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) masih menjadi sosok yang paling dibenci sekaligus dirindukan oleh masyarakat Indonesia.

“Yang tadi lulusan terbaik (PKN STAN 2023) adalah dua pajak dan satu bea cukai. Dua makhluk yang paling dibenci dan dirindukan oleh orang Indonesia,” ujarnya.

Sri Mulyani menilai stigma tersebut tak lepas dari konsekuensi keuangan negara sebagai instrumen politik. Sehingga, kerap dijadikan sebagai sasaran objek kepentingan politik. “Jadi, jangan kaget kalau keuangan negara akan selalu menjadi isu politik,” tegasnya.

Adapun, stigma negatif yang kerap menyasar jajarannya di Pegawai Ditjen Pajak Kemenkeu. Misalnya dianggap sebagai pemungut uang untuk alasan pajak yang dianggap merugikan masyarakat.

“Oh kalian tukang pajak ya, tukang pajak nyekekin kita semua,” bebernya.

Merespons persoalan tersebut, Sri Mulyani meminta alumni PKN STAN dan anak buahnya untuk lebih melek politik. Sehingga, dapat menjelaskan berbagai tuduhan yang muncul atau tidak lari dari persoalan.

“Kalian harus paham politik pada level mikro hingga global, karena keuangan negara adalah instrumen politik. Jangan bilang kalau pas lagi dikritik nutupin identitas diri kalian, kalau lagi pas enak ikut,” pungkasnya.

Sumber: liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only