Kejar Target Penerimaan Pajak Tahun Ini, DJP Optimalkan Joint Program

Ditjen Pajak (DJP) terus melakukan berbagai upaya dalam mengejar target penerimaan pajak hingga akhir tahun, termasuk melalui optimalisasi joint program dengan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) dan Ditjen Anggaran (DJA).

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Dwi Astuti menyebut joint program menjadi bentuk sinergi untuk mengoptimalkan penerimaan negara. Menurutnya, unit-unit eselon I Kemenkeu akan terus bekerja sama untuk mengamankan penerimaan negara.

Joint program dengan DJBC [dan DJA] menunjukkan kami solid dan bersinergi untuk mencapai penerimaan negara,” katanya, dikutip pada Senin (9/10/2023).

Dwi menuturkan kerja sama antar-unit eselon I di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah terjalin sejak lama. Program sinergi tersebut juga telah menjadi agenda rutin Kemenkeu untuk mengoptimalkan penerimaan negara.

Program tersebut juga sejalan dengan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 210/KMK.01/2021 tentang Program Sinergi Reformasi dalam Rangka Optimalisasi Penerimaan Negara.

Sebagai informasi, joint program dilaksanakan guna mengoptimalkan penerimaan pajak, kepabeanan, cukai, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Terlebih, terdapat pelaku usaha di beberapa sektor yang dapat menggunakan layanan dari DJP, DJBC, dan DJA secara sekaligus. Contoh, sektor pertambangan, perikanan, dan kehutanan.

Program sinergi juga diharapkan meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan/atau wajib bayar, serta untuk menekan angka piutang. Selain itu, unit-unit eselon I Kemenkeu juga akan saling bekerja sama untuk meningkatkan kemudahan layanan terhadap wajib pajak dan/atau wajib bayar.

Terlebih dengan DJBC, Dwi menyebut kerja sama terus diperkuat untuk mengoptimalkan penerimaan perpajakan.

“Kami melakukan pertukaran data, bahkan saat ini ada namanya cross function yaitu banyak pegawai DJP kerja di DJBC, dan sebaliknya,” ujarnya.

Dwi menambahkan penerimaan pajak telah mencapai Rp1.246,97 triliun hingga Agustus 2023 atau setara dengan 72,58% dari target tahun ini senilai Rp1.718 triliun. Dia optimistis target penerimaan pajak bisa tercapai pada akhir tahun ini.

Sumber : News.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only