Senyum Sri Mulyani Jadi Tanda Jokowi: Ekonomi Baik atau Buruk

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbagi cerita mengenai cara unik untuk mengetahui kondisi perekonomian nasional dan keuangan negara. Adalah dengan membaca senyum Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Kalau pagi bertemu Bu Sri Mulyani tersenyum saya juga di hati saya tenang, kalau sudah gak ada senyumnya kita mesti tanda tanya,” kata Jokowi dalam sebuah acara yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (24/10/2023).

Jokowi menuturkan, situasi global kini sangat berat dan tidak jelas. Mulai dari perang berkepanjangan, krisis, pangan, krisis energi, lonjakan inflasi hingga tren kenaikan suku bunga acuan oleh banyak negara.

Ini menimbulkan kekhawatiran bagi banyak negara, termasuk Indonesia. Maka dari itu Jokowi harus mengecek situasi negara setiap waktu. Indonesia harus memiliki keuangan negara yang cukup dalam menghadapi situasi sekarang.

“Kalau APBN saya cek sampai 13 Oktober kemarin, ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani masih pegang uang menurut asya masih gede banget lah, kira-kira Rp 616 triliun, masih napas panjang sampai 2024 masih aman,” terang Jokowi.

Ekonomi Indonesia juga masih melanjutkan tren positif, inflasi terkendali dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjaga.

“Kalau kita lihat persentase depresiasi mata uang kita, juga masih aman. Aman untuk sektor riil untuk sektor keuangan, dan aman untuk inflasi. karena kemarin saya bertemu dengan pak Gubernur BI dan OJK saya tanya pertumbuhan kredit di angka berapa menurut saya masih tumbuh baik di 8,69% ini angka yang cukup baik,” kata Jokowi.

Sumber: cnbcindonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only