Pengadilan Pajak Tetapkan Jadwal Reses untuk Natal dan Tahun Baru 2024

JAKARTA, Ketua Pengadilan Pajak menetapkan jadwal masa istirahat dari kegiatan bersidang pada Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Melalui Surat Edaran No. SE-3/PP/2023, Ketua Pengadilan Pajak menetapkan masa istirahat dari kegiatan bersidang (reses) pada 18 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024.

“Selanjutnya, persidangan dimulai kembali pada hari Senin, 8 Januari 2024,” bunyi SE-3/PP/2023, dikutip pada Senin (30/10/2023).

Bila terdapat sengketa yang harus diselesaikan dengan segera karena akan jatuh tempo, persidangan tetap dapat dilaksanakan pada waktu dan hari kerja dalam masa reses tersebut.

Pengadilan Pajak mengimbau jadwal reses digunakan seoptimal mungkin untuk mempersiapkan berkas-berkas yang akan disidangkan berikutnya sembari memprioritaskan penanganan lebih lanjut atas berkas yang sudah dinyatakan cukup sidang pemeriksaannya.

Sebagai informasi, administrasi sengketa dan persidangan di Pengadilan Pajak dapat dilakukan lewat e-tax court sesuai dengan PER-1/PP/2023. Aplikasi e-tax court resmi diluncurkan dan bisa digunakan sejak 31 Juli 2023.

Untuk mengajukan permohonan banding ataupun gugatan melalui e-tax court, wajib pajak, penanggung pajak, atau kuasa hukum perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sehingga tercatat sebagai pemohon terdaftar.

Pendaftaran akun oleh wajib pajak, penanggung pajak, atau kuasa hukum akan diverifikasi dalam waktu maksimal 3×24 jam. Apabila sudah terverifikasi, pemohon dapat melakukan aktivasi akun e-tax court.

Kehadiran e-tax court bertujuan untuk mempercepat proses persidangan dan mempersingkat waktu pengiriman salinan putusan.

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only