Bank hingga Asuransi di IKN Dapat Tax Holiday, BKF: Untuk Himpun Dana

Fasilitas tax holiday sebesar 100% dan 85% untuk kegiatan usaha sektor keuangan di financial center Ibu Kota Nusantara (IKN) diberikan untuk meningkatkan penghimpunan dana di dalam negeri.

Analis Kebijakan Madya Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Wahyu Hidayat mengatakan tax holiday sebesar 100% diberikan secara khusus kepada perbankan, perbankan syariah, dan asuransi mengingat ketiga kegiatan usaha tersebut memiliki peran utama dalam penghimpunan dana.

“Untuk sektor keuangan lainnya seperti pasar saham, obligasi, money market, dan sebagainya itu kita berikan fasilitas tax holiday sebesar 85%,” katanya, dikutip pada Rabu (1/11/2023).

Fasilitas tax holiday sebesar 100% untuk perbankan dan asuransi serta sebesar 85% sektor keuangan lainnya yang beroperasi di financial center IKN berlaku maksimal 25 tahun. Bila penanaman modal baru dilakukan pada 2036 hingga 2045, jangka waktu tax holiday turun menjadi 20 tahun.

Selain memberikan fasilitas tax holiday kepada kegiatan usaha sektor keuangan di financial center IKN, lanjut Wahyu, pemerintah juga memberikan insentif pajak atas penghasilan yang diterima dari investasi di IKN.

Dia menjelaskan penghasilan dari investasi pada financial center IKN dibebaskan dari withholding tax. Meski begitu, sambungnya, fasilitas tersebut hanya diberikan kepada subjek pajak luar negeri (SPLN).

“Misal, Bapak Ibu menabung ke sana, itu dikenakan pajak sesuai ketentuan. Namun, kalau ada fresh money dari luar negeri yang masuk ke financial center IKN, kami bebaskan pemungutan pajaknya selama 10 tahun,” ujarnya.

Sebagai informasi, financial center di IKN diberi nama Nusantara Financial Center. Menurut OJK, Nusantara Financial Center akan dikembangkan sebagai pusat inovasi layanan perbankan dan produk keuangan lainnya di Indonesia.

Beberapa produk dan layanan yang bakal tersedia di Nusantara Financial Center antara lain bank umum sebagai universal bank, produk aset kripto, produk sustainable finance, bullion, structured product, wealth management, trustee, dan islamic finance yang akan diselenggarakan oleh unit usaha khusus (UUK).

Sumber : news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only