Minta Hapus Pajak Suku Cadang Pesawat, Menhub Bakal Temui Sri Mulyani

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memperjuangkan adanya penghapusan pajak suku cadang yang didatangkan dari luar negeri.

Hal ini dilakukan untuk menekan biaya operasional maskapai.Menhub mengatakan bahwa dengan dihapusnya pajak terhadap suku cadang pesawat maka biaya operasional maskapai akan semakin berkurang.

“Ini yang kita minta (Penghalusan pajak suku cadang). Saya akan sowan ke Bu Menkeu untuk menyampaikan bahwa pajak dari suku cadang itu dampaknya besar banget,” katanya dalam acara INACA Festival 2023 di Park Hyatt, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Menhub mengatakan bahwa penghapusan pajak tersebut juga dilakukan guna mendukung Maintenance, Repair, and overhaul (MRO) dalam negeri.

“Kan kasian GMF segala macem dan sayang juga kesempatan itu bisa kita lakukan dan itu menjadi kompetitifnes kita untuk MRO berkurang. Kita bayangkan yang namanya MRO bukan untuk Indonesia saja. Tapi kalo masuk ke sini suku cadangnya kena pajak dan itu lah yang terjadi,” katanya.

Pasalnya kata Menhub, tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini adalah jumlah pesawat yang terbatas, suku cadang terbatas hingga harga avtur yang masih mahal.

“Kita juga tahu bahwa USD, avtur, suku cadang, merupakan suatu hambatan-hambatan,” katanya.

Sumber : economy.okezone.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only