Utang Pajak Tak Kunjung Dilunasi, 3 Truk Milik WP Dipasang Segel Sita

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cianjur kembali mengadakan kegiatan penyitaan aset wajib pajak. Kali ini, aset yang disita berlokasi di Jalan Cilubang, Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur pada 21 September 2023.

Juru Sita Pajak Negara (JSPN) KPP Pratama Cianjur R. Hendrik Novianto mengatakan aset yang disita berupa 3 unit truk milik PT HW. Adapun kegiatan penyitaan merupakan bagian dari tindakan penagihan aktif.

“Penyitaan 3 unit truk milik PT HW ini dilakukan sebagai tindakan penagihan aktif lantaran wajib pajak yang bersangkutan belum melunasi tunggakan pajaknya,” katanya seperti dikutip dari situs web DJP, Rabu (22/11/2023).

Hendrik menyampaikan penanggung pajak telah menyetujui prosedur penyitaan yang dilakukan oleh pemerintah dan bersedia untuk melunasi utang pajaknya. Dia berharap kegiatan penyitaan ini dapat memberikan efek jera bagi wajib pajak.

Dia menjelaskan prosedur penyitaan dimulai dengan penandatanganan Berita Acara Penyitaan yang ditandatangani oleh wajib pajak, fiskus dan saksi. Setelah itu, juru sita memasang segel sita terhadap 3 truk tersebut sebagai jaminan pelunasan utang pajak.

Apabila penanggung pajak yang belum melunasi utang pajak dan biaya penagihan pajak setelah lewat waktu 14 hari sejak tanggal pelaksanaan penyitaan, pejabat dapat melakukan pengumuman lelang atas barang sitaan yang akan dilelang.

Pejabat yang dimaksud ialah pejabat yang berwenang mengangkat dan memberhentikan juru sita pajak, menerbitkan surat perintah penagihan seketika dan sekaligus, surat paksa, surat perintah melaksanakan penyitaan, surat pencabutan sita. pengumuman lelang, surat penentuan harga limit.

Lalu, juru sita juga berwenang menerbitkan pembatalan lelang, surat perintah penyanderaan, dan surat lain yang diperlukan untuk penagihan pajak sehubungan dengan penanggung pajak tidak melunasi sebagian atau seluruh utang pajak menurut undang-undang.

Saat melaksanakan tugasnya tersebut, Hendrik didampingi Petugas Penilai Pajak Syahril Lutfiansyah dan Penyuluh Pajak Fauzi Awaluddin yang turut menjadi saksi dalam proses penyitaan.

Sumber : news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only