Banyak WP Belum Lapor SPT, Petugas Pajak Kunjungi Kampung Nelayan

Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nunukan mengadakan kunjungan ke kampung nelayan rumput laut guna mengedukasikan kewajiban pelaporan perpajakan pada 3 Oktober 2023.

Pegawai Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Nunukan Trisha Aurel Carissa mengatakan tak sedikit UMKM yang merasa tidak perlu melaporkan SPT Tahunan lantaran omzetnya masih di bawah Rp500 juta setahun.

“Nyaanya masih ada sebagian warga nelayan rumput laut yang memiliki NPWP, tetapi tidak pernah melaporkan pajaknya sejak tahun terdaftar,” katanya seperti dikutip dari situs web DJP, Minggu (26/11/2023).

Sesuai dengan arahan kepala KP2KP, Trisha lantas meluruskan pemahaman yang salah itu dengan blusukan langsung ke lokasi-lokasi kampung nelayan yang tersebar di wilayah Kabupaten Nunukan via jalur darat dan laut.

“Kami menyarankan bila ada kendala mengenai pemenuhan kewajiban perpajakan ataupun ada hal yang tidak dimengerti, dianjurkan untuk mendatangi langsung KP2KP Nunukan,” tuturnya.

Merujuk pada SE-05/PJ/2022, kunjungan (visit) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pegawai DJP yang ditugaskan untuk mendatangi tempat tinggal, tempat kedudukan, tempat kegiatan usaha dan/atau pekerjaan bebas wajib pajak, dan/atau tempat lain yang dianggap perlu dan memiliki kaitan dengan wajib pajak.

Terdapat beberapa tujuan dilakukannya kunjungan oleh petugas pajak ke alamat wajib pajak. Pertama, melaksanakan penelitian atas pemenuhan kewajiban formal terkait layanan dan/atau fasilitas perpajakan yang diterima atau dimiliki oleh wajib pajak.

Kedua, melaksanakan pembinaan berupa bimbingan, imbauan, penyuluhan, dan/atau pemberian konsultasi kepada wajib pajak. Ketiga, melaksanakan kegiatan penelitian kepatuhan material. Keempat, melaksanakan kegiatan P2DK.

Kelima, melaksanakan validasi terkait dengan kesesuaian antara data dan/atau status wajib pajak menurut administrasi DJP dengan kondisi sebenarnya. Keenam, melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh kepala KPP.

Sumber : news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only