Menkeu Targetkan Pendapatan Negara Rp 2.802,3 Triliun Tahun Depan, Ini Starteginya

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan pendapatan negara dalam APBN 2024 sebesar Rp 2.802,3 triliun. Target tersebut meningkat 6,26% dari pendapatan negara dalam APBN 2023 yang sebesar Rp 2.637,2 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, untuk mengejar target pendapatan di 2024 akan dicapai melalui optimalisasi dan menjaga iklim investasi di tengah ketidakpastian global.

Ia menyampaikan, sektor perpajakan akan terus didorong melalui kinerja ekonomi yang membaik dan pelaksanaan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan  (UU HPP). Selain itu, pemberian insentif perpajakan juga akan tetap dilakukan secara terarah dan terukur.

“Basis perpajakan juga akan diperluas dan ditingkatkan. Tingkat kepatuhan pajak akan terus diperbaiki optimalisasi,” tutur Sri Mulyani dalam agenda Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah Tahun Anggaran 2024, Rabu (29/11).

Sementara itu, dari sisi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) akan dilakukan dengan terus menjaga kualitas layanan publik juga kelestarian lingkungan. Sebab, PNBP juga cukup besar berasal dari sumber daya alam.  Selain itu, PNBP juga akan ditingkatkan dari sisi tata kelolanya.

Secara rinci, dari target pendapatan negara sebesar Rp 2.802,3 triliun, terdiri dari target penerimaan pajak pada tahun menjadi Rp 1.988,9 triliun, dari sebelumnya Rp 1.986,9 triliun. Sementara itu, target PNPB pada tahun depan disepakati Rp 492 triliun.

Sumber : nasional.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only