Realisasi Pajak Daerah dari PBB Pedesaan Perkantoran Tahun 2022 di Lahat Melebihi Target

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lahat mencatat, realisasi capaian pajak daerah dari Pajak Bumi Bangunan (PBB) Pedesaan Perkantoran (P2) di Kabupaten Lahat tahun 2022, lebihi target sampai 125.42 persen.

Target awal sebesar Rp3.500.000.000, dipenghujung tahun 2022 terealisasi mencapai Rp4.389.535.246.

Ada kelebihan dari target awal, sebesar Rp 889.535.246.

Kabid PBB P2 dan BPHTB Bapenda Lahat, Agus Ferdiansyah mengatakan, capaian realisasi tersebut tidak lepas, karena wajib pajak sudah sadar akan tanggung jawabnya.

Namun saat ini, masih ada tren di masyarakat, baru membayar pajak mendekati tanggal jatuh tempo yang ditetapkan pemerintah.

“Ya masih banyak warga bayar di detik terakhir jatuh tempo. Meski tidak menyalahi, namun lebih baik dari jauh jauh hari,” katanya, Selasa (17/1/2023).

“Pembayaran PBB-P2 ini sangat penting dalam pembangunan daerah. Saat ini kesadaran wajib pajak untuk pembangunan daerahnya, sudah terlihat. Terbukti tahun ini, capaian realisasinya meningkat,” ujarnya.

Disebutkan, untuk target capaian PBB P2 tahun ini, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp175.000.000 jadi Rp3.675.000.000.

Agar capaian itu terealisasi, pihaknya mulai sampaikan imbauan pembayaran PBB P2 secara intens ke kecamatan untuk diteruskan ke desa/kelurahan, sebelum jatuh tempo.

Hingga melakukan operasi sisir, untuk menagih tunggakan PBB P2.

“Operasi sisir kita lakukan, ketika sudah jatuh tempo tapi masih ada wajib pajak yang belum lakukan pembayaran,” katanya.

“Kita saat ini tengah lakukan pendataan terhadap wajib pajak, yang belum membayar kewajibannya di tahun sebelumnya,” sampainya.

Agus berkomitmen, akan berikan pelayanan terbaik bagi wajib pajak, yang akan mengurus persoalan pajak.

Wajib pajak bahkan telah diberikan kemudahan, untuk mengetahui informasi tagihan PBB P2 ataupun melakukan pembayaran.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only