Sri Mulyani Sudah Menegur Dirjen Pajak Suryo Utomo

Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dan dy Satrio berdampak terhada karier ayahnya, Rafael Alur Trisambodo, seorang pejaba eselon III di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Selain kasus kekerasan, ulah sang anak yang kerap memamerkan gaya hidup mewah memaksa Menteri Keuangan Sri Mulyani mencopot Rafael dari jabatannya.

Ironisnya, pamer tunggangan motor gede yang identik dengan gaya hidup mewah juga dipertontonkan Dirien Pajak Suryo Utomo bersama jajaran anak buahnya di lingkungan Ditjen Pajak.

Sontak saja gaya hidup mewah para pejabat pajak ini bikin publik mengelus dada. Aksi yang dianggap tak patut di tengah kondisi negara yang tengah berjuang melakukan pemulihan ekonomi pasca dihantam badai pandemi.

Tak ayal, desakan agar segera dilakukan pemeriksaan harta kekayaan para aparat pajak langsung menyeruak Menteri Keuangan Sri Mulyan Indrawati pun buka suara terkait harta kekayaan yang dimiliki Dirjen Pajak Suryo Utomo.

Sri Mulyani minta Suryo Utomo menjelaskan kekayaannya langsung ke publik.

Menkeu Sri Mulyani meminta Suryo Utomo untuk memberikan keterangan ke publik terkait harta kekayaan yang dia miliki. “Saya sudah minta untuk disampaikan ke publik.”ujar Sri Mulyani dalam acara Economic Outlook 2023. Selasa (28/2).

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 31 Desember 2021, diketahui bahwa jumlah harta kekayaan Suryo Utomo tercatat sebesar Rp 14,45 miliar, dengan aset tanah dan bangunan yang mencapai Rp 14,16 miliar.

Sang Dirjen Pajak juga tercatat mengoleksi beberapa unit kendaraan. Salah satunya yang tengah ramai dibicarakan adalah Motor Harley Davidson Sportster.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku, telah menanyakan langsung perihal jumlah harta kekayaan tersebut kepada Suryo Utomo. Pertanyaan yang disampaikan terkait sumber pendapatan harta ke kayaannya dari mana saja.

Setelah mendapat jawaban langsung dari Suryo Utomo, bendahara negara ini percaya bahwa apa yang disampaikan orang nomor satu di otoritas pajak itu benar adanya. Salah satu sumber lonjakan harta kekayaan itu karena kenaikan harga tanah dan bangunan.

“Saya tanya LHKPN Dirjen Pajak kenaikannya karena apa? Kenaikan karena harga tanah, tapi tiba-tiba dianggapnya seolah-olah itu korupsi,” ujar Sri Mulyani.

Persepsi itu muncul setelah viral foto Suryo menggeber motor Harley Davidson.

Sumber : Harian Kontan Rabu 01 Maret 2023 hal 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only