AS dan Uni Eropa Bakal Teken Kesepakatan Perdagangan Komponen Baterai Mobil Listrik

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen diperkirakan akan mencapai kesepakatan guna memulai negosiasi untuk memastikan status perjanjian perdagangan bebas untuk Uni Eropa.

Para pemimpin akan bertemu secara langsung di Washington pada Jumat (10/3/2023). Rencana ini disampaikan oleh dua sumber yang berkaitan dengan rencana tersebut.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (9/3/2023), AS dan UE sebelumnya tengah mencari kesepakatan agar mineral dari Eropa memenuhi syarat untuk kredit pajak berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS (Inflation Reduction Act) senilai US$430 atau setara Rp6,6 kuadriliun.

Undang-undang tersebut mengharuskan peningkatan persentase mineral untuk bahan baku baterai mobil listrik bersumber dari AS.

Salah satu juru bicara departemen keuangan AS mengatakan bahwa pengawas kredit pajak kendaraan listrik akan melakukan evaluasi pada setiap perjanjian yang baru dinegosiasi.

Tujuannya adalah untuk memastikan mereka memenuhi syarat penting dari kredit pajak selama proses pembuatan peraturan.

“Mengingat konsentrasi kontrol China yang sangat tinggi atas ekstraksi mineral kritis secara global, memperkuat rantai pasokan kami untuk mineral kritis bersama dengan mitra yang berpikiran sama sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi energi bersih,” kata juru bicara itu.

Juru bicara tersebut juga menambahkan bahwa bekerja dengan sekutu seperti UE akan mengurangi ketergantungan AS pada China.

Sumber : bisnis.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only