Terkendala Isu PPN, Kementerian ESDM Matangkan Skema Pungutan Iuran Batubara

JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kini tengah mematangkan skema pungutan iuran batubara.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, pihaknya tengah mematangkan skema ini bersama Kementerian dan Lembaga terkait.

Asal tahu saja, saat ini skema pungutan iuran batubara mulai mengerucut ke Mitra Instansi Pemerintah (MIP). Belakangan, skema MIP terhambat isu Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Kita lagi matengin supaya pengertiannya sama. Kalau kita kan sifatnya kompensasi ini untuk saling membantu satu sama lain,” kata Arifin ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (24/3).

Arifin menjelaskan, prinsip yang digunakan yakni tarik salur. Dalam prinsip ini seharusnya tidak ada pengenaan PPN. Apalagi, PPN telah dikenakan dalam proses sebelumnya terutama pada proses penjualan.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pengujian Mineral dan Batubara tekMIRA Julian Ambassadur Shiddiq mengatakan, konsep Badan Layanan Umum (BLU) Batubara berpotensi membuat pelaku usaha dikenakan ketentuan mandatory spending.

“Apabila itu masuk ke pendapatan negara bukan pajak (PNBP), ke APBN itu akan terkena kewajiban 25% untuk anggaran kesehatan, pendidikan. (Jadi) terpotong,” kata Julian ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (21/3).

Selain itu, Pemerintah kini tengah menyiapkan payung hukum untuk mengatur lebih lanjut skema pemungut iuran batubara.

“Saat ini lagi pembahasan RPerpresnya terkait apakah masih ke Mitra Instansi Pemerintah (MIP) atau nanti di Badan Layanan Umum (BLU), cuma arahnya sekarang ke MIP,” terang Julian.

Sumber : kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only