Insentif Pajak Bakal Jadi Prioritas Negara Ini pada APBN 2024

Parlemen Portugal menyebut penetapan anggaran dan belanja pemerintah pada 2024 bakal diprioritaskan untuk memberikan insentif pajak kepada masyarakat.

Langkah tersebut diungkapkan oleh Pemimpin Parlemen Partai Sosialis Eurio Brilhante Dias. Dia membocorkan terdapat salah satu rencana untuk memberikan insentif atas pajak penghasilan (PPh) orang pribadi.

“Pengurangan PPh orang pribadi akan menjadi salah satu prioritas pada APBN berikutnya. Negara memberikan sinyal bahwa rencana tersebut akan menyertai kenaikan gaji sektor swasta,” tuturnya seperti dilansir macaubusiness.com, Minggu (2/4/2023).

Pada mulanya, Partai Sosial Demokrat mengusulkan kebijakan untuk menurunkan PPh orang pribadi dalam menangani dampak inflasi. Usulan terkait dengan penurunan tarif PPh orang pribadi tersebut akhirnya diterima baik oleh Partai Sosialis.

Parlemen berencana mengarahkan prioritas anggaran tahun 2024 untuk pemberian insentif pajak. Terkait hal ini, Dias menyarankan Partai Sosialis dan pemerintah membahas dengan seksama serta melanjutkan tren pemberian PPh orang pribadi.

Di sisi lain, masyarakat menilai bahwa pemerintah telah melupakan pekerja sektor swasta dengan mengumumkan kenaikan sementara gaji pegawai negeri sipil (PNS). Namun, Dias membantah hal-hal tersebut.

Menurutnya, terdapat hal-hal yang dipertimbangkan pemerintah ketika ingin menaikkan gaji PNS. Namun demikian, lanjutnya, pemerintah juga tidak melupakan kesejahteraan pekerja dari sektor swasta.

“Untuk kelas menengah, kami memiliki dimensi yang sangat penting dengan peningkatan gaji. Itu yang akan kami lakukan di PNS dan itu yang akan terus kami lakukan di sektor swasta,” sebutnya.

Sumber : news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only