Komwasjak Tolak Usulan Pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu, Ini Alasannya

Usulan tentang pemisahan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah ramai diperbincangkan. Komisi XI DPR RI bahkan tengah menggali lebih lanjut terkait usulan pemisahan tersebut.

Ketua Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) Amien Sunaryadi turut angkat bicara terkait hal tersebut. Akan tetapi, Amien menolak usulan pemisahan Ditjen Pajak dari kemenkeu. Menurutnya akan terjadi bencana besar bila keduanya dipisahkan.

“Saya pribadi tiga atau empat tahun yang lalu ikut diskusi dengan teman-teman DJP dengan konsultannya. Kesimpulan saya nggak ada cerita Ditjen Pajak keluar dari Kemenkeu,” tutur Amien kepada awak media, Rabu (12/4).

Selain itu, Amien menilai jika Ditjen Pajak dipisahkan dari kemenkeu akan sangat berisiko tinggi, karena Ditjen Pajak tidak akan ada yang melindungi dan bahkan semakin tidak mempunyai power.

Kemudian, Amien juga berpendapat usulan pemisahan keduanya bukanlah hal yang krusial, sebab Ditjen Pajak saat ini masih dalam kondisi aman. Artinya tidak terjadi kisruh yang hebat baik di internal dan eksternal Ditjen Pajak.

“Pilihan yang bagus Ditjen Pajak tetap di Kemenkeu. Kalau di dalam Kemenkeu bisa dilindungi Menteri Keuangan,” imbuhnya. 

Sumber : nasional.kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only