Ajak Investor Masuk Kawasan Industri, Otoritas Ini Siapkan Tax Holiday

Guna menarik minat sektor swasta untuk berinvestasi di kawasan industri Tehuantepec, pemerintah Meksiko menawarkan berbagai insentif pajak kepada para penanam modal.

Co-CEO The Nearshore Company Jorge González Henrichsen menyebutkan pemberian insentif pajak dapat menambah daya tarik Tehuantepec. Namun, terdapat beberapa aspek lainnya yang masih harus dipertimbangkan oleh perusahaan untuk membuka usaha di Tehuantepec.

“Meski demikian, [insentif pajak] itu bukan satu-satunya variabel bagi perusahaan untuk memutuskan untuk membangun dirinya sendiri di suatu tempat,” katanya dikutip dari bnamericas.com, Minggu (11/6/2023).

Demi memajukan Tehuantepec sebagai kawasan industri, pemerintah Meksiko memberikan tiga jenis insentif pajak. Pertama, tax holiday. Selama tiga tahun pertama operasi, perusahaan yang terakreditasi oleh kementerian akan dibebaskan dari PPh sebesar 100%.

Tiga tahun berikutnya, pembebasan PPh sebesar 50% akan diberikan kepada perusahaan tersebut. Angka tersebut masih dapat berubah hingga mencapai 90% apabila perusahaan memenuhi syarat ketenagakerjaan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ada Fasilitas Pembebasan PPN

Kedua, penyusutan investasi yang dipercepat selama 6 tahun pertama operasi. Ketiga, pembebasan PPN atas seluruh operasi yang terjadi di dalam kawasan. Alhasil, perusahaan dapat meminta restitusi atas pajak masukan atas pembelian barang atau jasa dari luar kawasan.

Selain insentif pajak, pemerintah juga akan membangun 10 taman di sepanjang garis 308 km yang dipulihkan pemerintah antara pelabuhan Salina Cruz di negara bagian Oaxaca di Pasifik dan pelabuhan Coatzacoalcos di Veracruz di Teluk Meksiko.

Pembangunan ini diharapkan dapat menjadi hub logistik yang mirip dengan Terusan Panama.

Meski demikian, Henrichsen mengatakan bahwa perusahaan masih merasa khawatir dalam aspek lainnya, yaitu terkait dengan kurangnya keterampilan tenaga kerja di kawasan industri tersebut dan infrastruktur yang belum memadai.

Sumber: ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only