Core Tax System Masih dalam Tahap Pengujian

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan siap meluncurkan sistem pajak canggih bernama core tax system pada pertengahan tahun ini.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masya- rakat Ditjen Pajak Dwi Astuti memastikan, pihaknya akan terus melakukan habituasi dan pengujian terhadap sistem pajak canggih tersebut. Tujuannya, agar pada saat pengim- plementasian kelak tidak terdapat masalah.

Dwi mengatakan, proses habituasi dan pengujian sistem pajak canggih tersebut masih terus berlanjut agar pada pertengahan tahun ini, Pajak luncurkan. “Jadi, sistem pajak canggih siap Ditjen ini masih jalan terus habituasi. Bah- kan, kami terus bekerja keras supaya ini sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” katanya Senin (8/1).

Penyuluh Pajak Ahli Madya Ditjen Pajak Banten Dedi Kusnadi sebelumnya bilang, sistem pajak canggih ini me- miliki kelebihan dibanding sistem pajak yang lama. Yakni, menerima seluruh data termasuk data rekening bank. “Ke- lebihan sistem yang baru, dia akan menerima seluruh data darimana pun, termasuk data rekening bank. Jadi, mereka yang penyedia data termasuk perbankan, ekspor-impor, semua datanya masuk ke sistem,” ujar dia.

Dengan sistem pajak yang baru tersebut, Dedi menam- bahkan, semua transaksi wajib pajak yang tercatat akan masuk ke dalam core tax system. Begitu juga dengan trans- aksi saat pembelian kendaraan bermotor.

sumber : Harian Kontan Selasa 09 Jan 2024 hal 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only