Gunakan e-Pbk Versi 2.0 Kini Tak Perlu Sertel, Cukup Kode Verifikasi

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Bandung mengadakan kegiatan edukasi yang mengulas terkait dengan fitur-fitur baru dalam layanan e-Pbk versi 2.0 secara live melalui media sosial pada 7 Desember 2023.

Pegawai KPP Madya Bandung Sofri Abdul Rochim menyebut layanan e-PBK versi 2.0 ini bertujuan untuk memudahkan wajib pajak. Saat ini, wajib pajak dapat melakukan pemindahbukuan melalui e-Pbk tanpa sertifikat elektronik.

“Permohonan kini dapat dilakukan menggunakan kode verifikasi sehingga dapat diakses oleh semua pemilik akun DJP Online. Pada versi sebelumnya, hanya dapat diakses pemilik sertifikat elektronik saja,” katanya dikutip dari situs web DJP, Jumat (5/1/2024).

Sementara itu, pegawai KPP Madya Bandung Cecep Septian menuturkan wajib pajak yang tidak memiliki sertifikat elektronik dapat memanfaatkan fitur kode verifikasi saat melakukan submit atas permohonan pemindahbukuan di DJP Online.

Selain itu, lanjut Cecep, e-Pbk versi 2.0 juga sudah mengakomodasi permohonan pemindahbukuan dengan tujuan ke NPWP berbeda. Sebelumnya, pemindahbukuan antar NPWP tidak dapat dilakukan melalui e-Pbk versi 1.0.

“Kenapa baru bisa sekarang? Itu dikarenakan pemindahbukuan dengan tujuan NPWP yang berbeda memerlukan lampiran lain, baik berupa identitas pemohon atau wakil badan atau lampiran lainnya. Nah, menu upload lampiran baru itu kini tersedia di e-Pbk versi 2.0,” ujarnya.

Wajib pajak juga diingatkan bahwa setiap permohonan pemindahbukuan harus dilampirkan dengan dokumen persyaratan sesuai dengan yang tercantum pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 242/2014.

Apabila dokumen yang dilampirkan tidak sesuai dengan permohonan sebagaimana diatur dalam PMK 242/2014 maka besar kemungkinan permohonan tersebut bisa ditolak.

Cecep mengimbau wajib pajak untuk memanfaatkan layanan e-Pbk versi 2.0 dalam menyampaikan permohonan pemindahbukuan.

“Kami berharap kawan pajak dapat memanfaatkan layanan e-Pbk ini. Selain tidak perlu datang lagi ke KPP, kawan pajak juga dapat memantau proses permohonan PBK yang telah diajukan pada menu layanan e-Pbk,” tuturnya.

Sumber : news.ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only