Pengusaha Kripto Roger Ver Terlilit Kasus Penipuan Pajak Rp 809,6 Miliar

Roger Ver atau juga dikenal sebagai Bitcoin Jesus, seorang pengusaha mata uang kripto dan promotor Bitcoin Cash, ditangkap di Spanyol atas tuduhan menghindari pajak AS senilai hampir USD 50 juta atau setara Rp 809,6 miliar (asumsi kurs Rp 16.192 per dolar AS) dan melakukan penipuan surat, menurut Departemen Kehakiman AS (DOJ).

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (3/5/2024), dakwaan tersebut menuduh Ver gagal melaporkan keuntungan modal dari aset Bitcoinnya yang besar setelah melepaskan kewarganegaraan AS pada 2014. DOJ sekarang sedang mengupayakan ekstradisi Roger Ver untuk diadili di Amerika Serikat.

Kasus terhadap Ver menuduh Ver dan perusahaannya, MemoryDealers dan Agilestar, memiliki sekitar 131.000 Bitcoin pada 2014, dengan perusahaan tersebut memiliki 73.000 di antaranya.

Meskipun menjual puluhan ribu Bitcoin dengan harga sekitar USD 240 juta atau setara Rp 3,8 triliun pada November 2017, Ver diduga gagal mengungkapkan keuntungan ini kepada departemen pajak AS (IRS).

Surat dakwaan tersebut menuduhnya memberikan informasi palsu kepada firma hukum dan penilai untuk menyembunyikan ukuran sebenarnya dari kepemilikan Bitcoinnya. 

Ver dikenal karena mempromosikan Bitcoin Cash, sebuah spin-off Bitcoin. Dia mendapat julukan “Bitcoin Jesus” karena menjadi promotor awal Bitcoin.

Sumber : www.liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only