Sri Mulyani Ingin Dongkrak Penerimaan Pajak Demi Menyehatkan APBN

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah akan berupaya mendorong kenaikan penerimaan pajak. Pasalnya kenaikan dari penerimaan pajak bisa menjadi cara agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kembali sehat.

Berbagai reformasi di bidang keuangan sudah dilakukan di antaranya mengevaluasi belanja dengan spending better, dan memperbanyak sumber pembiayaan negara.

“Kunci poin penting konsolidasi dan penyehatan APBN kita adalah peningkatan pendapatan negara terutama di bidang pajak. Oleh karena itu reformasi di bidang pajak dan perpajakan menjadi penting,” katanya dalam DJP IT Summit, Rabu, 18 Agustus 2021.

Dalam upaya reformasi pajak ini, Sri Mulyani menyebut ada dua hal penting yang harus menjadi perhatian yaitu kebijakan dan administrasi pajak. Keduanya bisa memanfaatkan teknologi digital, sehingga mendorong tercapainya reformasi pajak tadi.

“Teknologi digital merupakan peluang, tidak hanya di bidang ekonomi tapi juga sosial menggunakan teknologi digital. Dari sisi policy pajak dan administrasi perpajakan antar otoritas seluruh negara di dunia melakukan extraordinary untuk menyehatkan APBN-nya,” ungkap dia.

Meski begitu, Sri Mulyani tetap meminta kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menjaga kehati-hatian dalam memanfaatkan teknologi digital. Sebab, masalah kerahasiaan data tetap menjadi penting meskipun potensi penerimaan harus terus digali.

“Penggalian potensi tetap dilakukan, namun pada saat yang sama menjaga privacy, secrecy atau kerahasiaan, dan terus meningkatkan kepercayaan publik kepada Ditjen Pajak,” pungkas dia.

Sumber: medcom.id, Rabu 18 Agustus 2021

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only